Doktor

PROGRAM DOKTOR

Doktor Pendidikan Islam

Visi
“Menjadi pusat pengembangan Pendidikan Islam dengan pendekatan kesatuan Iman, Ilmu dan Amal.”

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Islam yang unggul melalui sistem pendidikan yang integral;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan Islam yang relevan dengan tuntutan dan kebutuhan peserta didik dan masyarakat;
  3. Memyebarkan dan mengaplikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan Islam dalam kehidupan masyarakat.

Tujuan Program Studi

  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan konsep baru di dalam bidang pendidikan Islam melalui kajian dan penelitian ilmiah.
  2. Mempunyai kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan dan memimpin program penelitian dalam bidang pendidikan Islam;
  3. Mempunyai kemampuan melakukan pendekatan interdisipliner bagi penerapan keahliannya secara profesional dalam bidang pendidikan Islam;
  4. Memberikan sumbangan pemikiran pengembangan pendidikan bagi umat dan lembaga-lembaga pendidikan Islam.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran Jangka Panjang yang akan dicapai paling lambat tahun 2025

  1. Program Studi Pendidikan Islam menjadi rujukan bagi pengembangan pendidikan di dunia Islam;
  2. Hasil penelitian Program Studi Pendidikan Islam diakui dan diadopsi oleh lembaga pendidikan di dunia Islam;
  3. Program Studi Pendidikan Islam menjadi mitra kerjasama lembaga pendidikan Internasional.

Sasaran Jangka Menengah yang akan dicapai paling lambat tahun 2020

  1. Program Studi Pendidikan Islam menjadi rujukan bagi pengembangan pendidikan di kawasan Asia Tenggara;
  2. Hasil penelitian Program Studi Pendidikan Islam diakui dan diadopsi oleh lembaga pendidikan di kawasan Asia Tenggara;
  3. Program Studi Pendidikan Islam menjadi mitra kerjasama lembaga pendidikan Internasional di kawasan Asia Tenggara.

Sasaran Jangka Pendek yang akan dicapai paling lambat tahun 2015

  1. Terciptanya civitas Pascasarjana yang memiliki keahlian dalam bidang pendidikan Islam;
  2. Terciptanya kebiasaan pendekatan interdisipliner dalam pemecahan permasalahan bidang pendidikan Islam;
  3. Terlaksananya penelitian yang berkualitas dan menghasilkan temuan-temuan yang baru dalam dibidang pendidikan Islam;
  4. Terumuskannya sumbangan-sumbangan pemikiran bagi umat Islam dan lembaga pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan;
  5. Tersosialisasinya pemikiran pengembangan pendidikan Islam.

Untuk mencapai sasaran di atas, strategi pencapaian yang dirumuskan oleh program studi adalah:
1. Bidang Pendidikan Pengajaran:
Pengembangan Sumber Daya Manusia (dosen, mahasiswa/lulusan dan tenaga kependidikan) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pengembangan sumber daya manusia (dosen) dilakukan dengan mendorong dosen untuk menghasilkan temuan-temuan ilmiah yang mendukung pengembangan pendidikan Islam dan mempublikasikannya dalam jurnal/pertemuan ilmiah internasional; menugaskan dan mewajibkan dosen-dosen untuk melakukan penelitian secara mandiri dengan mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitiannya; dan menghadiri seminar-seminar serta pertemuan ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional;
  • Merekrut dosen dari luar negeri yang berkewajiban untuk memberikan materi pembelajaran dan pembimbingan disertasi;
  • Pengembangan sumber daya mahasiswa/lulusan dilakukan dengan mewajibkan setiap mahasiswa untuk melakukan penelitian mandiri sebelum penelitian disertasi dengan mengambil topik yang sesuai dengan rencana disertasi yang akan diteliti; mendatangkan professor (visiting professor) dan tenaga professional yang berkompeten sesuai dengan bidang studi;
  • Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Satuan Acara Perkuliahan dengan memberikan muatan-muatan Islamisasi ilmu pengetahuan;
  • Pengembangan tenaga kependidikan dilakukan dengan menugaskan untuk mengikuti studi lanjut, pelatihan teknis administratif antara lain pelatihan kehumasan, pelatihan komputer, pelatihan Standar Operasional Perguruan Tinggi (SOPT), pengisian borang, pelatihan teknis pengisian EPSBED dan manajemen kepustakaan.

2. Bidang Penelitian:

  • Menyusun road map penelitian dan mendorong serta mengarahkan dosen untuk melakukan penelitian sesuai dengan road map tersebut;
  • Meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga Penelitian Perguruan Tinggi, serta Lembaga-lembaga Pemerintah dan lembaga Swasta, baik di dalam maupun di luar negeri;
  • Mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional.

3. Bidang Kerjasama

  • Menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan lembaga pendidikan yang memiliki kesamaan visi dalam islamisasi ilmu pengetahuan;
  • Menjalin kerjasama dalam difusi ilmu pengetahuan dengan lembaga pendidikan internasional, baik dalam bentuk kegiatan seminar, workshop maupun publikasi ilmiah lainnya;
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan nasional dan internasional dalam peningkatan kualitas dosen, baik dengan program post-doctoral maupun pertukaran dosen (lecturer exchange);
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan nasional dan internasional dalam peningkatan kualitas pembelajaran, terutama dalam pengembangan kurikulum;
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan nasional/ internasional, pemerintah dan swasta dalam peningkatan kualitas sarana prasarana pembelajaran;
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan nasional/ internasional, pemerintah dan swasta dalam pendanaan dan pembiayaan.

4. Bidang Pengabdian Masyarakat

  • Menghasilkan konsep islamisasi ilmu pengetahuan dalam pengembangan masyarakat;
  • Melakukan sosialisasi konsep-konsep islamisasi ilmu pengetahuan kepada para pengelola lembaga pendidikan, baik di Indonesia maupun di luar negeri;
  • Melakukan kerjasama dalam bidang pemberdayaan masyarakat dengan berbagai instansi, baik pemerintah maupun sosial kemasyarakatan seperti Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan lain-lain;
  • Melakukan penyuluhan tentang pendidikan keluarga sakinah bagi kelompok-kelompok masyarakat.

5. Bidang Pendukung Proses Belajar Mengajar
Peningkatan infrastruktur yang mendukung terciptanya proses belajar mengajar, yaitu:

  • Pembangunan gedung perkuliahan Pascasarjana tiga lantai yang dianggarkan mencapai biaya sebesar 12 Milyar, atas bantuan Pemda Tingkat I Jawa Barat sebesar 1 Milyar, bantuan donatur lain sebesar 2,5 Milyar serta usaha dari pihak Yayasan Pendidikan Ibn Khaldun (YPIKA) dan Pascasarjana;
  • Pengadaan komputerisasi (19 buah komputer, 10 buah laptop, 9 buah LCD) sebagai sarana peningkatan kegiatan pembelajaran;
  • Pengadaan buku kepustakaan (kitab-kitab turats dan text books) sebagai bahan referensi, baik atas bantuan pemerintah (sebesar 300 juta rupiah), swasta dan biaya pengembangan perpustakaan dari Pascasarjana.

6. Bidang Pengelolaan Anggaran
Penggunaan anggaran program studi dilakukan secara transparan, efisien dan efektif yang dalam penggunaannya disetujui oleh Direktur Pascasarjana, dan sesuai dengan peruntukan.