Halal bi Halal Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIKA

Posted onCategoriesAgenda, Berita

Kamis 29 Agustus 2013/22 Syawwal 1434 H Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIKA mengadakan acara Halal bi Halal dosen dan mahasiswa. Acara diadakan mulai pukul 16.00-17.30 WIB di ruang sidang gedung Pascasarjana UIKA, Bogor.

Acara dibuka oleh Ketua Program Master dan Doktor Pendidikan Islam, Dr. Adian Husaini M.Si yang berbicara tentang pentingnya silaturrahim. Selain itu, Dr. Adian juga menyampaikan beberapa hal yang telah dan akan dilakukan untuk kemajuan Pascasarjana UIKA seperti menjalin kerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan rencana membuka program kuliah jarak jauh melalui teleconference.

Acara dilanjutkan dengan sesi sharing dan tanya jawab tentang masalah studi di UIKA. Mulai dari masalah penyusunan Tesis dan Disertasi, penerbitan karya tulis ilmiah di jurnal Internasional, dan juga hal-hal terkait lainnya.

Berikutnya, Sekretaris Program Master dan Doktor Pendidikan Islam, Dr. Ulil Amri Syafri, Lc. M.A menyampaikan adanya sedikit perubahan kurikulum program studi Pendidikan Islam. Bagi lulusan S2 UIKA yang ingin melanjutkan S3 kembali di UIKA, beberapa mata kuliah khas UIKA yang pernah dipelajari di tingkat S2, bisa langsung dikonversi tanpa diwajibkan mengikuti kuliah di kelas. Hal ini tentunya sebuah kabar gembira karena memungkinkan mahasiswa bisa menyelesaikan studinya lebih cepat.

Terakhir, memperkuat apa yang disampaikan oleh Dr. Adian di awal pertemuan tentang pentingnya silaturrahim, Sekretaris Program Studi Ekonomi Islam, H. Hendri Tanjung M.Ag, M.Phil, M.M, Ph.D menginformasikan bahwa kini UIKA sudah memiliki wadah untuk terus menjalin silaturrahim yang bernama Ikatan Kekeluargaan Doktor UIKA. Meski baru mewadahi alumni Program Doktor, setidaknya forum ini sudah memulai sesuatu yang baik dan bisa dikembangkan di masa mendatang agar lebih luas lagi jaringan kekeluargaannya. Tak lupa, beliau juga menyatakan kesiapannya membantu mahasiswa yang akan menerbitkan hasil penelitiannya di jurnal Internasional.