Karya Dosen: Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an

Posted onCategoriesBerita, Info

Pascasarjana Prodi Doktor Pendidikan Islam UIKA Bogor merupakan salah satu program studi yang banyak diminati masyarakat. Sejak pertama dibuka di tahun 2008, prodi ini telah meluluskan ± 20 orang Doktor Pendidikan Islam yang berasal dari beberapa kota besar di Indonesia. Selanjutnya, atas inisiatif beberapa alumni maka dibentuklah wadah alumni yang dinamakan Ikatan Alumni Doktor Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor pada tanggal 5 Maret 2011.

Salah satu program kerja Ikatan Alumni Doktor Pendidikan Islam UIKA Bogor adalah menerbitkan hasil karya para alumni sebagai bentuk apresiasi terhadap karya tulis ilmiah mereka. Sebagai langkah awal, Ikatan Alumni Doktor Pendidikan Islam UIKA Bogor telah menerbitkan buku “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an” karya Dr. Ulil Amri Syafri, MA yang kata pengantarnya ditulis oleh Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS.

Buku yang terinspirasi dari Disertasinya  ini mengupas tentang Pendidikan Karakter yang sedang tren dalam dunia pendidikan dalam kurun waktu sepuluh tahun belakangan ini. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang dilakukan untuk membentuk sikap, tabiat, dan moral seseorang agar menjadi manusia yang ‘berkarakter’ baik. Untuk melahirkan manusia-manusia yang ‘berkarakter’ baik tersebut maka dibutuhkan pendidikan yang menggunakan nilai-nilai yang berbasis agama. Oleh karena itu, sebagai rujukan yang paling tepat dalam merumuskan bentuk pendidikan karakter adalah dengan menggunakan Al-Qur’an sebagai sumber penelitiannya. Al-Qur’an merupakan sumber segala ilmu dan merupakan contoh yang baik dalam melakukan proses pendidikan karakter.

Buku ini mencoba menjelaskan tentang konsep-konsep Al-Qur’an dalam melakukan proses pendidikan yang berkarakter. Di dalamnya selain memuat tentang eksistensi manusia dan karakteristik pendidikan Islam, juga memuat tentang model-model pendidikan dalam Al-Qur’an yang dapat membentuk ‘karakter’ baik manusia, dalam hal ini peserta didik. “Diharapkan dengan terbitnya buku ini akan menjadi tambahan khazanah keilmuan Islam mengenai pendidikan karakter berbasis al-Qur’an”, demikian harapan Direktur PPs-UIKA Bogor, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS.