Seminar Program Magister Manajemen “Menyiapkan Sumber Daya Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Posted onCategoriesSeminar

Bogor, 23 November 2019 – Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor kembali menyelenggarakan event seminar  di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Bertempat di Ruang Sidang SPs-UIKA Bogor  bertemakan “ Menyiapkan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Seminar ini dihadiri oleh H. Hendri tanjung, Ph.D (Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor), Dr. Hj. Indupurnahayu, SE., MM., Ak., CA (Ketua Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor) dan 2 narasumber lainnya yaitu Prof. Dr. Ir. Nandan Lomakrisna, MM., CQM, CMA (Guru Besar Ilmu Manajemen Yayasan Administrasi Indonesia) serta Dr. Afriadi Sjahbana Hasibuan, MPA, M.Com., Ec ( Mantan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Dalam Negeri Republik Indonesia).

Dalam kesempatan tersebut,  Prof. Dr. Ir. Nandan Lomakrisna, MM., CQM, CMA. memaparkan bahwa
Kemajuan teknologi cukup pesat di era teknologi industri 5.0 dan teknologi merupakan alat yang memberikan manfaat untuk mempermudah segala hal dalam melakukan aktivitas. Kemajuan teknologi telah mengganti sebuah kompetensi dgn automatisasi (mesin). Ia juga menjelaskan bagaimana pentingnya konsep critical thinking. Selain itu, yang harus dipikirkan adalah bagaimana cara kita untuk memberi (given), berpikir positif dan selalu bersyukur dalam keadaan apapun (uncondisional) dengan mengucapkan Alhamdulillah. 4 (empat) hal yang beliau tekankan dalam prinsip manajemen diri yaitu Idea, Creative ( kita berbuat sesuatu yang orang lain tidak bisa, tidak sempat, dan yang orang lain malas lakukan ( 3 dimensi kompetensi diri), Innovative (SDM harus Inovatif), dan Solution (pemecahan masalah dengan kritik yang membangun).

Sedangkan Dr. Afriadi Sjahbana Hasibuan, MPA, M.Com., Ec memaparkan 3 (tiga) hal dalam melihat dan melakukan pengamatan pada sumber daya manusia yaitu :
1. SDM yang dilihat secara micro, contohnya buruh dan karyawan.
2. SDM yang dilihat secara macro, contohnya populasi umur pekerja potensial yang berkisar pada angka 15-65 tahun.
3. SDM yang unggul, terkait profesionalisme dan kompetensi.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, Seminar Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor dengan tema “Menyiapkan Sumber Daya Unggul Menuju Indonesia Maju” berakhir pada pukul 12.00 WIB.