Categories:

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar seminar dan pelatihan sehari mengenai cara mudah membangun usaha yang dilaksanakan oleh Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana UIKA dengan bekerja sama dengan Bank BRI Syariah cabang Bogor, Asuransi BRIlife dan PT Jaya Proteksi Takaful.

“Mengapa fokus membantu UKM? Karena pelaku usaha inilah yang paling banyak dilakukan di Indonesia dan salah satu penyumbang tenaga kerja paling banyak,” papar Ketua Program Studi Magister Managemen UIKA, Masyhudulhak kepada salah satu berita harian Radar Bogor.

Pelatihan/pembinaan untuk UKM ini pertama kali diadakan seperti yang di tuturkan oleh ketua pelaksana kegiatan bapak Anasrul sekaligus mahasiswa program magister manajemen pascasarjana UIKA. “Pembinaan kali ini merupakan yang pertama, namun kami akan rutin melakukan kegiatan seperti ini setiap bulan. Sehingga akan ada banyak UKM yang terbina nantinya,”.

Dalam kegiatan itu, peserta diberikan informasi, motivasi dan bagaimana mengurus perizinan. Selain itu, para peserta juga dibekali manajemen keuangan yang sangat mendasar dalam kegiatan usaha. Dengan begitu, diharapkan dengan adanya laporan keuangan terpisah antara harta pribadi dengan uang yang dihasilkan dari

usaha, para pelaku UKM dapat mengelola usaha dengan baik dan menjalankan bisnisnya dengan benar.

Pihaknya juga akan membuat sekretariat khusus bagi para pelaku UKM yang ingin berkonsultasi mengenai bisnisnya. “Meski mereka tidak mengikuti kegiatan seminar hari ini, namun tertarik untuk mengembangkan usahanya atau konsultasi mengenai bisnisnya, kami senantiasa membantu,” tambahnya.

Ke depan, mereka akan bekerja sama dengan pemerintah dan dinas UKM terkait penyelenggaraan seminar dan pelatihan berikutnya.

“Pemerintah sebagai regulator atau pengambil kebijakan, dinilai layak untuk membantu usaha kami, sehingga pengembangan ekonomi daerah pun bisa ditingkatkan,” tukasnya.