Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor H. Hendri Tanjung Menjadi Narasumber pada 2nd ICMSME International Conference 2023

Bogor, 30 September 2023 Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Indonesia bekerjasama dengan beberapa institusi baik dalam dan luar negeri seperti Malaysia dan Turki menyelenggarakan Konferensi Internasional (2nd ICMSME) 2023 dengan bertemakan “Memanfaatkan Kecerdasan Buatan Dalam Meningkatkan Dan Memperlancar Ekosistem Intra-Dan-Kewirausahaan” – “Leveraging Artificial Intelligence In Enhancing And Streamlining The Intra-And-Entrepreneurship Ecosystem”.

Konvergensi teknologi informasi dan komunikasi serta ekosistem kewirausahaan telah membuka peluang baru untuk meningkatkan dan mengefisienkan operasi bisnis.

Dengan konvergensi tersebut dan hadirnya Artificial Intelligence (AI) memberikan dampak yang signifikan terhadap industri, diantaranya dengan adanya titik temu antara AI dan keuangan Islam.

Keuangan Islam dipandu oleh prinsip-prinsip yang menekankan pertimbangan etis, pembagian risiko, dan keadilan sosial. AI dapat memainkan peran transformatif dalam mengotomatisasi proses keuangan, mengembangkan strategi investasi yang sesuai syariah, dan memfasilitasi pengelolaan aset yang efisien sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Pada kegiatan konferensi internasional ini, wakil direktur Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor yaitu H. Hendri Tanjung, Ph.D menjadi salah satu narasumber dan memaparkan presentasinya berjudul “Digital Marketing Strategy”.

Ada tiga hal dalam paparnya terkait digitalisasi yaitu digitalisasi dalam kampus, digitalisasi dalam bisnis dan digitalisasi dalam digitalisasi zakat dan wakaf.

Digitalisasi dalam kampus setidaknya ada 10 aspek digitalisasi, yaitu Penerimaan Mahasiswa Baru secara online, Sistem Pembayaran Online, Pemanfaatan teknologi QRIS, Pembelajaran Online, Aplikasi Kampus, Sistem Akademik Kampus, Sistem bursa kerja dan pusat karir, Dashboard pengembangan kampus, E-sertifikat untuk kegiatan kemahasiswaan, dan Sistem keuangan online.

Untuk digitalisasi dalam bisnis, merambah 5 aspek yaitu Adaptasi pembayaran digital, Sistem HRM (Manajemen Sumber Daya Manusia), Penggunaan CRM (Customer Relationship Management) untuk mengelola hubungan dengan klien, Penggunaan pasar online untuk berdagang, dan Pengembangan strategi pemasaran digital.

Sedangkan dalam digitalisasi Zakat dan Wakaf misalnya, setidaknya sudah merambah 3 aspek, yaitu Adaptasi pembayaran digital, Penggunaan CRM (Customer Relationship Management) untuk mengelola hubungan dengan muzakki atau wakif, dan Pengembangan strategi pemasaran digital.

Dalam konferensi internasional itu juga turut menjadi narasumber yaitu Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.E., MM (Education and Cultural Attaché of the Republic of Indonesia in Malaysia), Prof. Dr. Fatma Gülruh GÜRBÜZ (Fatih , Sultan Mehmet Vakıf Üniversitesi, Istanbul, Turkiye), Prof. Aini Aman (Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia), Prof. TS. Dr. Azlina Binti Idris Ceng (Universiti Teknologi Mara, Malaysia), Assoc. Prof. Dr. Mustafa Aslan (Gelisim Universitesi Turkiye, Turkiye), Dr. Huseyin Ergun (KTO Karatay University, Turkiye).

Konferensi Internasional (2nd ICMSME) ini dilaksanakan secara hybrid yaitu daring menggunakan zoom meeting dan tatap muka di Aula Prof. Abdullah Siddiq UIKA Bogor.

You may also like...