Sekretaris Program Doktor Pendidikan Agama Islam Dr. Ir. H. Budi Handrianto, M.Pd.I. dalam kajian Rutin Sabtu Pagi Pascasarjana sampaikan materi “Perpustakaan Islam di Abad Pertengahan”, yang disampaikan secara online melalui aplikasi zoom, Sabtu, (12/11/2022).

Dalam penyampaiannya, Dr. Budi memaparkan pentingnya memahami nilai moril sebuah buku, karena orang islam memandang buku bernilai tinggi, sehingga kita dituntut agar dapat mencintai dan memuliakan. Serta memahmi perpustakaan sebagai pusat pengajaran yang intinya perpustakaan adalah tempat orang dahulu belajar dan menimba ilmu, baik dibimbing oleh guru maupun membaca sendiri.

Dimoderatori, Dr. H. Ibdalsyah, M.A., sebagai Wakil Direktur Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Dakwah, Dr Budi mengutif kutipan Al-Jahiz  “Buku bagaikan tamu yang datang mengunjungi kita kapan saja kita sukai, mau sebentar atau berlama-lama. Buku diam bila kita menghendaki diam, berbicara jika dikehendaki bicara. Tidak akan mengganggu jika bekerja. Menjadi teman jika kitra kesepian. Dia adalah teman setia yang tdak akan menipu dan bermuka dua” (Al-Hayawan 1:50-51) 

Kajian rutin yang diselenggarakan setiap Sabtu Pagi ini, menghadirkan para narasumber dari beragam disiplin ilmu dan membahas berbagai isu strategis untuk di bahas disetiap pekannya ini yang diikuti oleh para dosen, tenaga pendidikan dan mahasiswa sekolah pascasarjana serta umum.