Sambut 81 Tahun Kemerdekaan RI Kaprodi Doktor PAI UIKA Bogor Bagikan E-Book Pendidikan Ideal

Menyambut dan mensyukuri Kemerdekaan RI ke-81, Ketua Program Doktor Pendidikan Agama Islam Universitas Ibn Khaldun (PAI-UIKA) Bogor, Dr. Adian Husaini, membagikan E-Book dengan judul “PENDIDIKAN IDEAL KONSTITUSIONAL UNTUK INDONESIA MAJU 2045”. E-Book itu terutama ditujukan kepada umat Islam Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan RI dilaksanakan pada 9 Ramadhan 1364 Hijriah. Jadi, umurnya sudah 81 tahun, pada tahun 1445 Hijriah ini.
“Siapa pun presiden atau menteri pendidikannya, umat Islam Indonesia sepatutnya memahami dan merumuskan peta jalan (road map) pendidikan kita sendiri. Sebab tanggung jawab pendidikan itu terutama ada pada orang tua dan pada umat Islam. Syukur-syukur jika pemerintah memberikan dukungannya,” kata Dr. Adian Husaini.

Menurutnya, umat Islam harus merumuskan dan memperjuangkan peta jalan pendidikan dalam periode 2024-2025. Jadi, ada waktu 20 tahun untuk melahirkan generasi gemilang agar umat Islam Indonesia menjadi pemimpin di negeri sendiri, dalam berbagai bidang kehidupan.

“Dengan posisinya sebagai mayoritas penduduk Indonesia, maka umat Islam memiliki amanah atau tanggung jawab terbesar untuk memajukan Indonesia ke depan, agar menjadi negeri muslim terbaik,” tambahnya.

Apa yang terjadi pada umat Islam Indonesia hari ini adalah dampak dari pendidikan sekitar 25-30 tahun lalu. Para pemimpin dan para tokoh umat saat ini adalah produk pendidikan yang mereka jalani. Penting bagi generasi saat ini untuk belajar dari apa yang sudah terjadi dan sudah dialami oleh generasi sebelumnya. Bukan untuk menyalahkan, tetapi untuk mengambil pelajaran atau hikmah dari apa yang sudah terjadi.

InsyaAllah, dengan memahami dan menerapkan konsep-konsep pendidikan dalam E-Book ini akan cukup tergambar peta jalan pendidikan ke depan. Pelaksanaannya terutama dijalankan oleh orang tua dan para guru.

“Alhamdulillah, Konstitusi kita memberikan landasan yang jelas tentang tujuan pendidikan nasional yang ideal,” kata Dr. Adian, yang telah mencoba penerapan konsep pendidikan ideal itu di Pesantren At-Taqwa Depok (www.attaqwa.id). (1/4/2024)

You may also like...