Categories:

Pada hari Jum’at, 20 September 2013, Program Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA), Bogor mengadakan acara Ta’aruf Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2013/2014. Kegiatan yang diadakan di ruangan auditorium Program Pascasarjana UIKA ini dihadiri seluruh mahasiswa baru dan juga para pimpinan program studi Pascasarjana UIKA. Tujuan diadakan acara Ta’aruf ini sebagai pembekalan mahasiswa baru sebelum memulai studinya sekaligus menjadi momen perkenalan antara sesama mahasiwa, dosen, karyawan dan staf Program Pascasarjana UIKA.

Sebagai pengantar, Direktur Program Pascasarjana UIKA, Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin MS memberikan sambutannya yang bertema Menghilangkan Dikotomi Ilmu. Menurutnya, dikotomi ilmu merupakan sumber masalah keilmuan yang terjadi saat ini. Dikotomi ilmu merupakan produk sekularisasi yang bertentangan dengan ajaran Islam. UIKA sendiri sejak lama telah mengusung semangat Islamisasi ilmu yang menawarkan konsep keilmuan yang integrated system. Sebuah sistem pendidikan integral dan holistik yang memadukan aspek keilmuan dan keimanan, yang tidak memisahkan antara ilmu agama dan ilmu non-agama. Semua ilmu yang dikaji di UIKA harus terintegrasi satu dengan lainnya dalam bingkai ajaran dan nilai-nilai Islam. Untuk mencapai tujuan itu, UIKA memberikan mata kuliah Islamic Worldview (Pandangan Alam Islam) dan Tafsir Hadits Maudhu’i yang wajib diikuti seluruh mahasiswa Pascasarjana.

Pada kesempatan itu juga, Kyai Didin menyampaikan bahwa Islam sangat memberi penghargaan yang tinggi terhadap ilmu dan para penuntut ilmu. Oleh karena itu, para mahasiswa baru diharapkan meluruskan niat di awal masa studinya. Menuntut ilmu bukan sekedar mendapatkan gelar Master atau Doktor, lalu mengejar kenaikan pangkat, namun lebih dari itu, mahasiswa UIKA diharapkan mampu membangun Islamic Civilization yang berlandaskan ilmu.

Acara Ta’aruf kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi administrasi yang disampaikan oleh Asisten Direktur Program Pascasarjana UIKA, Prof. Dr. Didin Saefuddin Buchori M.A dan tanya jawab sekitar masalah studi di Pascasarjana UIKA sesuai program studi masing-masing.